Khasiat Labu Merah untuk Obat Diabetes

Khasiat Labu Merah buat Obat Diabetes

Tips Kesehatan – Labu merah atau dikenal juga dengan naman waluh, memiliki rasa  manis namun mampu menyehatkan penderita penyakit diabetes.

Labu (Cucurbita) meliputi sekelompok tumbuhan merambat anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae) penghasil buah konsumsi ukuran akbar bernama sama. Tumbuhan ini dari dari benua Amerika, tetapi kini menyebar di poly tempat yg mempunyai iklim hangat. Waluh mencakup beberapa spesies anggota genus Cucurbita, yaitu C. Argyrosperma, C. Maxima, C. Moschata, dan C. Pepo. Dalam beberapa pengertian setempat pada Indonesia, waluh dianggap sebagai "labudanquot; saja, meskipun sebenarnya labu meliputi kelompok tumbuhan yg lebih luas, seperti labu air, labu ular, labu siam, & beligo.

Waluh dibedakan dari labu lainnya lantaran buahnya dimakan yg sudah masak (biasanya berwarna jingga), ukuran relatif besar , berbentuk bundar hingga oval menggunakan lekukan daun butir yang tampak jelas, & berkulit keras. Pengertian waluh agak bermiripan dengan adonan pumpkin dan beberapa squash dalam bahasa Inggris. Buah waluh berwarna oranye karena mengandung beta-karotena (keliru satu provitamin A & pula sebagai antioksidan). Apabila dipotong, butir ini mempunyai penampang yg seperti bintang, berbiji besar dan berwarna coklat atau putih. Daging buahnya renyah, cita rasanya cantik dan sedikit asam. Daun belia waluh pula dapat dibuat menjadi sayur.

Sayuran berdasarkan genus Cucurbita moschata ini, memiliki indeks glikemik (GI) yg sangat rendah. Makanan yg memiliki indeks glikemik tinggi sanggup menaikkan kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, labu merah indah sekali buat penderita diabetes, sebagaimana diberitkana Boldsky.

Khasiat Labu Merah buat Obat Diabetes

Khasiat labu merah pula sanggup memperbaiki fungsi pankreas. Sayuran ini mengembalikan fungsi pankreas dengan memperbaiki jaringan yg dirusak oleh diabetes.

Bila pankreas tidak berfungsi dengan baik, maka pankreas akan mengalami kesulitan buat menghasilkan insulin, padahal insulin sangat dibutuhkan tubuh buat memecah glukosa pada tubuh.

Cara mengolah labu merah ini buat penderita diabetes juga wajib diperhatikan. Sayuran itu sanggup dimasak memakai bumbu misalnya kayu cantik & biji pala. Dua bumbu dapur ini yermasuk bumbu yang ramah terhadap penderita diabetes.

Selain itu, jangan masukkan gula ke dalam bahan olahan labu. Menambahkan gula sama saja menggunakan menghancurkan fungsi utama waluh buat menyehatkan penderita diabetes.

Terakhir, jangan olah labu merah menggunakan cara digoreng. Minyak goreng hanya akan menambahkan kalori dan menghambat nutrisi yg terkandung pada dalam labu. Cobalah buat mengolah labu merah menggunakan cara dipanggang, dikukus, atau direbus.

Semoga bermanfaat buat Anda semua. Kunjungi pula artikel flora obat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *