Sedum Si Kecil Yang Eksotis

Sedum Si Kecil Yang Eksotis

Sedum atau dalam bahasa latinya sedum morganianum atau di indonesia sering di sebut ekor keledai adalah jenis tanaman dari keluarga crassulaceae tanaman ini berasal dari mexico dan Honduras.  Sedum sangat  mudah tumbuh, daunya berbentuk seperti air mata dan menjuntai ke bawah.

Tanaman Sedum

Tanaman Sedum

Daunya hampir menutupir seluruhnya menutupi batang menyerupai bentuk ekor keledai.  ketika sudah dewasa tanaman ini dapat memiliki tangkai hingga panjang  dua meter dengan daun yang berwarna abu-abu kehijauan, berbaris menjuntai kebawah seperti tetesan air. Ketika sudah dewasa tanaman ini memiliki bunga yang menggantung berukuran kecil pada bagian ujung tangkai. Tanaman ini sangat bagus bila di gantung/di tempatkan di teras rumah.

Bagi anda yang tertarik buat merawat sedum berikut beberapa yang perlu pada perhatikan.

Media Tanam

Media tanam yang cocok bagi tanaman ini adalah campuran antara pupuk kompos , pasir, dan bubuk arang (sekam bakar ). Media tersebut di campur hingga rata kemudian tambahkan juga 1 sendok makan kapur, kemudian masukkan ke dalam pot . Usahakan media tanam selalu dalam keadaan kering, siram sesekali agar tanaman tidak layu.

Pemupukan

Pemupukan bagi tanaman ini cukup hanya 3 bulan sekali, untuk tanaman yang baru sebaiknya jangan langsung di berikan pupuk terlalu banyak, dikarenakan akan membuat media tanam menjadi panas dan membuat tanaman ini menjadi layu.

Kebutuhan Cahaya

Jangan tempatkan di tempat yang mendapatkan cahaya matahari secara langsung karena akan membuat tanaman ini layu. Gantung di tempat yang tertutup tetapi tetap bisa mendapatkan cahaya matahari.

Cara Budidaya

Budidaya tanaman ini sangatlah mudah yaitu dengan cara stek daun yang di semai dan menancapkan sebagian daun kedalan media pasir. Tunggu sampai daun mempunyai akar sendiri, kemudian siap untuk di pindahkan ke dalam pot sendiri.

Tanaman Sedum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *