Cara Menanam Tanaman Cabe Di Dalam Pot Secara Organik

Menanam cabe di dalam pot sebenarnya sangatlah mudah dan bisa dilakukan siapa saja bahkan oleh para ibu rumah tangga. Dengan menanamnya  sendiri di rumah, para ibu bisa menghemat pengeluaran belanja mereka terutama saat harga cabe melambung tinggi di pasaran. Apalagi cabe yang akan mereka tanam adalah cabe organik yang bebas dari pestisida pabrikan, tentunya lebih sehat dan terjamin kualitasnya.

Cara Menanam Tanaman Cabe Di Dalam Pot

Kenapa harus di dalam pot? Karena ini adalah skala rumah tangga yang ditanam di sekitar rumah atau taman minimalis.  Sehingga orang-orang yang tidak memiliki lahan yang luas pun dapat ikut menanam. Apalagi bila para ibu rumah tangga yang akan menanamnya, pot akan memudahkan mereka melakukannya.

Tanaman cabai sendiri umumnya ditanam di wilayah dataran rendah yg mempunyai suhu & kelembab sedang, namun karena ini hanya skala rumah tangga bukan skala industri maka seluruh daerah bisa ikut menanamnya. Meskipun output panen mungkin saja tidak sinkron, baik dari kualitas juga kuantitas. Namun sekali lagi lantaran ini hanya skala rumah tangga maka hal tadi nir sebagai kasus yang terpenting cabai tetap bisa dikonsumsi.

Tahap persiapan

Menanam cabe pada dalam pot dimulai dengan menyiapkan benih cabe itu sendiri, benih bisa dihasilkan berdasarkan buah cabe yang berkualitas baik lalu ambil bijinya. Selanjutnya siapkan pot yang telah diisi sang tanah dan siram sedikit air supaya basah. Taburkan seluruh biji cabe tadi ke pada pot dan tunggu hingga tanaman cabe ada. Selama proses penyemaian, jaga supaya syarat tanah tetap lembab menggunakan menyemprotkan sedikit air.

Cara Menanam cabe di dalam pot

Penyemaian dilakukan pada pot kecil (polybag).

Setelah cabai akbar mampu dipindah ke pot lebih akbar.

Setelah lebih kurang 15 hari, tumbuhan cabai yang sudah memiliki 4 helai daun siap buat dipindahkan ke dalam pot lainnya. Siapkan pot yg akan dipakai, tambahkan tanah yang sudah dicampur menggunakan pupuk organik cair, lalu pindahkan flora cabe ke pot tadi.

Tahap perawatan

Merawat tanaman cabe sangatlah mudah, cukup dengan melakukan penyiraman dan pemupukan. Lakukan penyiraman pada sore hari menggunakan sedikit air saja & lakukan pemupukan setiap satu minggu dengan pupuk kompos atau pupuk organik cair.

Tahap panen

Panen sanggup dilakukan setelah kira-kira tiga bulan sesudah cabe dipindahkan ke dalam pot yg lebih akbar. Untuk selanjutnya panen bisa dilakukan satu minggu sekali atau tergantung menurut perawatan tanaman itu sendiri.

Mudah bukan? Ayo menanam cabe di dalam pot secara organik untuk lingkungan yang lebih baik. Let’s Go Green!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *