Tanaman Hias Bunga Matahari dan cara perawatanya

Tanaman Hias Bunga Matahari & cara perawatanya

Bunga Matahari (Helianthus annuus L) adalah tanaman hias bunga yang tumbuh semusim. Berasal dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae). Manfaat bunga matahari selain sebagai tanaman hias juga sebagai tanaman penghasil minyak. Bunga tanaman ini memiliki ciri khas yaitu besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30cm). Dalam atikel ini akan dibahas sedikit fakta tentang bunga matahari dan tips penanamnya.

Tumbuhan terna semusim yang dari berdasarkan Amerika Tropik bagian utara (Meksiko), tinggi 3m hingga 5m tergantung varietasnya. Daun tunggal lebar. Batang umumnya ditumbuhi rambut kasar, tegak, sporadis bercabang. Bunga tersusun majemuk. Terdapat dua tipe bunga: bunga tepi atau bunga lidah yg membawa satu kelopak akbar berwarna kuning cerah & steril, dan bunga tabung yg fertil & menghasilkan biji. Bunga tabung ini jumlahnya mampu mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Penyerbukan terbuka (silang) & dibantu oleh serangga.

Pada hari yang cerah, tandan bunga majemuk mengikuti konvoi harian Matahari (dari nama tanaman ini), yang gejalanya disebut heliotropisme. Tumbuhan mendapat keuntungan 10% lebih fotosintesis lantaran pergerakan ini. Buahnya bertipe butir kurung (achene). Buah kemarau berdinding agak keras & tidak terlalu tebal ini tak jarang disangka ‘biji’ bunga Matahari, karena memang nir dapat menggunakan gampang dibedakan. Biji yang sesungguhnya terletak di dalam, terlindung oleh buah yg serupa tempurung.

Bunga Matahari sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun berdasarkan ratusan sampai ribuan bunga mini dalam satu bongkol. Bunga matahari pula mempunyai perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Perancis menyebutnya tournesol atau "pengelana matahari". Namun demikian, sifat ini disingkirkan dalam banyak sekali kultivar baru buat produksi minyak lantaran memakan banyak tenaga dan mengurangi output. Keindahan bunga dati flora ini pula banyak menjadinya sebagai tanaman hias.

Tanaman Hias Bunga Matahari & cara perawatanya

Bunga Matahari (Helianthus annuus L)

Bunga matahari merupakan bunga nasional RRC dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat. Tumbuhan semusim ini berasal dari Amerika Tropik bagian utara (Meksiko). Tingginya 3m sampai 5m (tergantung varietasnya). Daunnya tunggal dan lebar. Batang biasanya ditumbuhi rambut kasar, tegak, jarang bercabang. Bunga tersusun majemuk. Terdapat dua tipe bunga: bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril, dan bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji. Bunga tabung ini jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Penyerbukan terbuka (silang) dan dibantu oleh serangga. Pada hari yang cerah, tandan bunga majemuk mengikuti pergerakan harian matahari (asal nama tumbuhan ini), yang gejalanya disebut heliotropisme. Tumbuhan mendapat keuntungan 10% lebih fotosintesis karena pergerakan ini. Bijinya bertipe “achane”. Pada tipe ini, buah dan biji tidak dapat dengan mudah dibedakan.

Tips & Perawatan Bunga Matahari

Bunga matahari menyukai tanah yang subur dan hangat. Tumbuhan ini menyukai suasana yang cerah. Mengingat asalnya, tumbuhan ini cocok tumbuh pada tempat dengan iklim subtropik. Di daerah tropika hasilnya tinggi jika ditanam pada dataran tinggi. Di daerah beriklim sedang seperti Eropa tumbuhan ini hanya bisa ditanam pada musim semi hingga musim gugur dan harus dihindari terkena frost. Kerapatan tanam biasanya 60000 hingga 70000 tanaman per hektar.

Cara menanam bunga matahari dalam skala kecil bisa dilakukan di halaman rumah atau bahkan di pot. Di halaman atau taman sebaiknya bunga ini ditanam sejajar atau berderet. Perawatannya cukup mudah dan tidak ribet. kunjungi juga artkel tentang tanaman obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *