Tanaman Hias Bunga Anggrek yang Biasa Ada di Indonesia

Tanaman Hias Bunga Anggrek yang Biasa Ada pada Indonesia

Suku anggrek-anggrekan (bahasa Latin: Orchidaceae) adalah satu suku flora berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga daerah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan pada daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hayati menjadi epifit, terutama yang dari berdasarkan wilayah tropika. Anggrek di wilayah beriklim sedang umumnya hayati pada tanah dan membentuk umbi menjadi cara mengikuti keadaan terhadap ekspresi dominan dingin. Organ-organnya yg cenderung tebal & "berdagingdanquot; (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air. Anggrek epifit bisa hayati dari embun dan udara lembap.

Di Indonesia terdapat beberapa jenistanaman hias bunga Anggrek, seperti Dendrobium, Phalaenopsis, Vanda, Oncidium, Catleya,Cymbidium, phaphiopidium dan sebagainya. Tetapi jenis anggrek yang sangat umum dikenal oleh masyarakat adalah Dendrobium, Phalaenopsis dan Vanda. Ketiga jenis tanaman anggrek ini sudah menjadi bisnis dikalangan pedagang tanaman hias.

Tanaman Hias Bunga Anggrek yang Biasa Ada pada Indonesia

Sebelum melakukan budidaya tanaman anggrek sebaiknya terlebih dahulu mengenal jenis jenis anggrek. Mengenal terlebih dahulu sifat hayati (habitat), faktor faktor yang menghipnotis pertumbuhan & jenis tumbuhan anggrek yang akan dibudidayakan. Sehingga nantinya tidak keliru pada mengelola & merawat flora anggrek.

Berdasarkan pola pertumbuhannya, flora anggrek dibedakan sebagai 2 tipe yaitu :

Jenis simpodial (anggrek yang nir mempunyai batang primer)

Jenis tumbuhan anggrek ini memiliki sifat bunga anggrek keluar berdasarkan ujung btg btg. Diantara jenis ini diantaranya: Dendrobium, Catleya, Oncidium & Cymbidium.

Jenis monopodial (anggrek yang pertumbuhannya lurus ke atas pada satu batang)

Jenis tumbuhan anggrek ini mempunyai sifat bunganya keluar berdasarkan sisi batang atau diantara 2 ketiak daun, contohnya Vanda, Arachnis, Renanthera & Aranthera.

Menurut seseorang peneliti flora anggrek, Hawkes (1965), mengelompokkan tanaman anggrek berdasarkan habitatnya. Jenis tumbuhan anggrek berdasarkan tempat asli atau lingkungan hidupnya dibagi pada empat jenis antara lain:

1. Jenis anggrek efifit

Anggrek yang tumbuh pada pohon lain tanpa merugikan flora inangnya dan ternaungi menurut sinar matahari pribadi

model: Catleya, Dendrobium, Phalaenopsis & Oncidium.

2. Jenis anggrek terestial

Anggrek yg tumbuh ditanah dan membutuhkan sinar matahari langsung

model: Vanda, Aranthera, Renathera, Arachnis.

Tiga. Jenis anggrek litofit

Anggrek yang tumbuh dalam batu batuan & tahan terhadap sinar matahari penuh

model: Dendrobium phalaenopsis.

4. Jenis anggrek saprofit

Anggrek yang tumbuh pada media yg mengandung humus atau daun daun kering & membutuhkan sedikit sinar surya. Contohnya merupakan Goodyera.

Dengan mengetahui jenis dan tipe flora anggrek diperlukan akan mampu melakukan budidaya tanaman anggrek dengan sahih. Sehingga diperoleh flora hias bunga anggrek yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *