Khasiat Buah Kesemek Untuk Obat

Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (‘Kaki’, bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini). Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang, 15 m atau kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan kadang-kadang monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun.

Daun dalam 2 deret, tersusun berseling, bertangkai pendek lk. 3 centimeter, bundar , bundar telur sampai jorong, 2,5-15 ? 5-25 cm, hijau kuning berkilap. Bunga jantan dalam malai pendek berisi tiga-5 kuntum, bunga betina soliter, di ketiak daun, berbilangan 4. Buah buni berbentuk gepeng membulat & bersegi empat, hijau kekuning-kuningan hingga merah, dengan daun kelopak yang nir rontok.Kesemek kini sudah sulit dijumpai atau hampir punah. Kesemek yang matang berwarna antara jingga kekuningan hingga kemerahan & berdiameter antara dua-8 centimeter.

Buah ini dapat dimakan langsung pada keadaan segar sehabis diolesi dengan air kapur & diperam, supaya rasa sepatnya hilang. Buah pula dapat dikeringkan atau diolah sebagai selai, supaya-supaya, es krim dan lain-lain. Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa & glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Buah kesemek yang belia mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki, yang menyebabkan rasa sepat pada buah. Zat ini akan berkurang beserta dengan masaknya butir. Tanin-kaki dimanfaatkan buat mengawetkan aneka macam kerajinan tangan, membantu produksi minuman memabukan-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi.

Khasiat Buah Kesemek Untuk Obat

Manfaat butir kesemek hampir setara dengan buah apel, bahkan buah kesemek terkadang lebih unggul dalam beberapa kandungan vitaminnya. Buah kesemek ternyata mampu menjaga tubuh permanen langsing, cocok buat yang ingin diet, & buah ini memilik antioksidan sebagai akibatnya mampu mencegah penyakit jantung. Selain itu buah ini juga mengandung polifenol yg dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol dursila dalam tubuh.

Berikut beberapa cara menggunakan butir kesemek buat pengobatan:

* Hipertensi

Buatlah juz butir kesemek dengan menambahkan air hangat. Minum satu kali sehari.

* Asma & batuk berdahak

Ambillah dua pangkas butir kesemek kemarau, masukkan sedikit air lalu kukus sampai matang. Setelah matang, haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu.

* Sakit perut

Kupaslah satu buah kesemek segar, kemudian makan. Mengkonsumsi butir kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut berupa nyeri atau rasa panas pada perut.

* Diare & disentri

Siapkan 2 potong butir kesemek yang sudah dikeringkan. Rebus hingga menjadi bubur menggunakan adonan beras ketan & irisan jeruk sebesar 2 pangkas. Setelah tercampur homogen, angkat & siap buat dikonsumsi oleh penderita 2 sampai tiga kali sehari (buahbuahku.Wordpress.Com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *