Jenis Jenis Asuransi Sepuluh Fakta Luar Biasa Tentang Jenis Jenis Asuransi

Posted on

Seringkali anda sebagai konsumen melulu mengangguk-angguk saat memperhatikan penjelasan agen asuransi yang menawarkan produknya. Sebagian besar agen menawarkan produk yang dijualnya, bukan produk yang anda perlukan. Masalahnya, biasanya kita pun tidak memahami dan tidak paham benar produk asuransi apa sebetulnya diperlukan.

jenis jenis asuransi titlejenis jenis asuransi title

Pengetahuan dasar tentang jenis-jenis asuransi jiwa saja terkadang menciptakan pusing. Masih tidak sedikit konsumen yang tidak dapat memisahkan antara produk tradisional dengan produk non tradisional. Sementara penjelasan semua agen pun sekadarnya saja, belum benar-benar mengisi dahaga keingintahuan semua nasabah. Sebaliknya, nasabah pun perlu lebih tidak sedikit bertanya dan mempunyai pengetahuan mengenai asuransi.

Nah, apa saja asuransi yang terdapat di Indonesia?

jenis jenis asuransi title

Di Indonesia, jenis asuransi jiwa terbagi menjadi dua jenis besar, yaitu asuransi tradisional dan asuransi nontradisional.

Mari kita kupas mengenai asuransi tradisional. Asuransi ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Asuransi term life ( berjangka), whole life (seumur hidup), dan endowment (dwiguna). Jangan pusing dulu dengan istilah-istilah ini. Mari kita kupas satu per satu.

Asuransi term life ( berjangka)
Asuransi berjangka melulu memberikan proteksi dalam jangka masa-masa tertentu saja. Proteksinya dapat sesingkat naik pesawat dari Jakarta ke Semarang atau sekitar 20 tahun. Jika tidak terjadi risiko, duit asuransi tidak dibalikkan atau hangus.

Asuransi jenis ini mempunyai premi sangat murah salah satu asuransi lainnya. Uang pertanggungannya pun dapat besar, menjangkau miliaran dengan premi yang tidak terlalu menghabiskan isi kantong. Asuransi jenis term life tidak mempunyai nilai tunai. Jika pada masa berakhirnya kontrak asuransi si tertanggung masih sehat walafiat, kontrak selesai dan tidak ada duit yang diserahkan kepada tertanggung.

Dapatkan informasi, ilham dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mungkin tidak sedikit orang yang berpikir membeli asuransi term life melemparkan uang sebab tidak ada dana yang didapat andai kontrak selesai dan tertanggung tidak meninggal dunia. Akan tetapi, nanti dulu, apakah anda tidak lebih bersyukur sebab dikaruniai kesehatan dan usia panjang?

Sama halnya dengan mencarter petugas satpam untuk mengawal rumah dari kemalingan dalam satu malam. Jika tidak terjadi kemalingan pada malam itu, apakah saya dan anda bisa menarik pulang gaji si petugas satpam pagi hari berikutnya? Bukankah anda harus bersyukur sebab rumah anda aman?

Asuransi whole life
Asuransi ini berisi nilai tabungan. Masa proteksinya juga lebih panjang, sampai mencapai 99 tahun. Asuransi ini dinamakan sebagai penyempurnaan asuransi term life yang tidak mempunyai nilai tunai. Pada asuransi whole life, saat kontrak selesai dan tertanggung masih sehat walafiat, terdapat nilai tunai yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *