Manfaat Tanaman Tomat dalam Kehidupan Sehar-hari

Tanaman tomat yang masih termasuk ke dalam anggota famili Solanum ini memiliki rasa manis, asam, dan bersifat sejuk. Buah tomat mengandung asam malik, asam sitrat, adenine, trigonelline, choline, kalsium, fosfor, besi, klorin, karoten, histamin, kolin, tomatin, likopen, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Sementara daunnya mengandung alkaloid, amygdalin, arbutin, dan peptin.

Efek farmakologis yang dimiliki oleh flora tomat diantaranya berkhasiat sebagai antiseptik usus, antipiretik, penawar racun, penghilang rasa haus, melancarkan aliran empedu, pencahar ringan, dan merangsang keluarnya enzim lambung.

Manfaat flora tomat dalam kehidupan sehari hari

BUDIDAYA PERAWATAN TANAMAN

Perbanyakan flora tomat dapat dilakukan dengan biji. Tanaman tomat dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk secara berkala dengan pupuk dasar. Tanaman ini juga menghendaki tempat yang terbuka atau sedikit terlindungi.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA

Buah dan daun flora tomat dapat digunakan untuk mengobati beberapa macam penyakit sebagai berikut :

Borok kronis, kulit terbakar sinar matahari, dan kurap

Cucilah sampai bersih butir tomat segar atau daun tomat segar secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan hasilnya secara merata dalam bagian tubuh yang sakit.

Demam

Cucilah hingga higienis 3 butir butir tomat segar yang telah masak, lalu iris tipis-tipis. Tambahkan ? Cangkir air matang, kemudian lumatkan hingga halus. Peras tomat yang sudah lumat tadi, kemudian disaring & diminum airnya sekaligus. Air ramuan ini pula mampu ditambah lagi menggunakan 1 sdm madu murni, kecuali bagi penderita kencing cantik.

Hipertensi

Cucilah hingga bersih 1-3 buah butir tomat segar, lalu makan secara rutin setiap pagi hari sebelum sarapan/waktu perut masih kosong.

Jerawat

Ambillah 1 butir buah tomat yg telah masak, kemudian dicuci hingga bersih dan diiris mini -kecil. Menjelang tidur malam balurkanlah/tempelkanlah irisan butir tomat tadi ke bagian paras yang berjerawat.

Lemas akibat gula darah rendah

Minumlah juz butir tomat segar secara rutin setiap hari/sampai sembuh.

Radang usus buntu dan sakit kuning

Buatlah juz butir tomat segar secukupnya, kemudian minum secara rutin tiga kali pada sehari, masing-masing 1 cangkir untuk sekali minum. Lakukanlah cara pengobatan ini sampai sembuh.

Catatan :

Kelebihan takaran dalam mengkonsumsi butir tomat akan menyebabkan badan menjadi lemas.

Penderita yang sensitive terhadap butir tomat bisa berakibat alergi akut pada saluran pencernaan karena zat yang ada di dalam butir tomat yaitu histamin, saponin, & solanin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *