Semua Tentang Tanaman Hias Aglaonema

All About Tanaman Hias Aglaonema

Aglaonema merupakan tanaman hias jenis dari suku talas – talasan, aglaonema mimiliki sekitar 30 spesies. Tanaman ini tumbuh baik pada areal dengan kelembaban tinggi seperti di dalam hutan tropis. Tanaman hias ini mulai popular di Indonesia pada tahun 2004 silam. Warnanya yang beragam membuat tanaman ini mempunyai penggemar tersendiri, banyak kolektor tanaman yang memajang tanaman jenis ini di dalam rumahnya.

Perawatan tanaman jenis ini sangatlah mudah, yang harus di perhatikan adalah penyiraman yang di lakukan 3x sehari, mengingat tanaman ini membutuhkan kelembaban tinggi untuk tumbuh, bila di letakkan di dalam rumah jangan lupa untuk membawa ke luar ruangan agar disinari matahari minimal 2hari sekali.

Jenis aglaonema sanggat beragam, perbedaan yang bisa di lihat dari semua jenis aglaonema ialah terlihat dari pola corak warna daunya. Diantaranya yang paling popular adalah  :

Aglaonema Commutatum

Jenis aglaomena ini sangat mudah di jumpai, bahkan banyak tumbuh liar di kebun kebun warga. Ciri ciri dari aglaonema ini adalah ukuran daunya sekitar 5cm dengan panjang 16-20cm, daun yang berwarna putih bercampur dengan hijau yang tidak beraturan.

Jenis Jenis Tanaman Hias Aglaonema

Aglaonema Commutatum

Aglaonema Costatum

Jenis aglaonema ini memiliki daun yang berwarna hijau gelap dengan garis di bagian batang daun dan bercak putih yang tidak beraturan, daun aglaonema ini memiliki ukuran sekitar 5-8cm.

Tanaman Hias Aglaonema Costatum

Aglaonema Costatum

Aglaonema Tiara

Tanaman aglaonema jenis ini memiliki cirri cirri daun yang berwarna merah yang dominan serta bercampur dengan warna hijau. Aglaonema jenis ini biasanya harganya sedikit lebih mahal dari jenis aglaonema jenis yang lain.

Jenis Tanaman Hias Aglaonema Tiara

Aglaonema Tiara

Aglaonema Red Krakatau

Tanaman aglaonema jenis ini hampir sama dengan jenis tiara tetapi warna merah tidak terlalu terang dengan corak merah yang tidak beraturan. Daun jenis ini memiliki daun yang cukup lebar dan biasanya jumlah daunya hanya sedikit.

Jenis Tanaman Hias Aglaonema Red Krakatau

Aglaonema Red Krakatau

Aglaonema Stardust

Tanaman aglaonema jenis ini memiliki ciri ciri warna merah yang bercampur dengan hijau dengan warna merah yang dominan. Tekstur daun ini lumayan tebal dengan bentuk oval lebar sekitar 5-7cm.

Jenis Tanaman Hias Aglaonema Stardust

Aglaonema Stardust

Cara merawat flora ini sangat mudah

Untuk media tanam bisa di campur antara sekam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, lakukan penyiraman minimal 2x sehari agar tanaman ini sehat dan subur. Untuk memunculkan warna agar mengkilap tanaman ini perlu di letakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tentu saja berikan suplemen tanaman yang banyak di jual di toko tanaman .

Jika anda ingin membudidayakan tumbuhan aglaonema caranaya relatif gampang, anda hanya perlu memotong btg yg sudah tua kemudian tancapkan pada pada pot menggunakan media tanam yg telah saya sebutkan diatas, simpan pada loka yang teduh & tunggu sampai tumbuh akar. Oh iya jangan lupa membungkus pangkal batang yang kita pangkas tadi dengan plastic agar tidak membusuk jika terkena air.

Yuk menanam, supaya bumi kita sebagai tempat yang lebih baik, bila bukan kita siapa lagi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *