Mengenal Khasiat Buah Lemon

Mengenal Khasiat Buah Lemon

LEMON merupakan buah berwarna kuning cerah dan dikenal punya rasa yang asam. Keluarga sitrus ini mengandung vitamin C yang baik bagi tubuh jika kita konsumsi dalam porsi sajian yang tepat.

Lemon, jeruk lemon (berdasarkan bahasa Belanda, citroen), atau limun adalah homogen jeruk yang buahnya biasa digunakan menjadi penyedap dan penyegar pada poly seni makanan kenikmatan global.

Pohon berukuran sedang ini (dapat mencapai 6 m) tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta nir tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan pada Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di kurang lebih Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok buat daerah beriklim kemarau menggunakan animo dingin yg relatif hangat. Suhu ideal buat sitrun supaya dapat tumbuh menggunakan baik adalah antara 15-30 ?C (60-85 ?F). Mengenal Khasiat Buah Lemon

Buah yang satu ini sering dimasukkan kandungannya ke dalam obat-obatan, kosmetik, minuman, dan makanan. Buah Lemon juga memberikan beberapa manfaat kesehatan yang penting bagi kehidupan manusia. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan lemon untuk mengobati kondisi medis, dianjurkan bahwa hal itu dilakukan hanya di bawah perawatan seorang profesional.

Berikut manfaat sari lemon, misalnya dilansir Livestrong.

Mencegah Kudis

Lemon dikenal berkontribusi terhadap penyembuhan penyakit kudis. Penyakit kudis disebabkan oleh kurangnya kolagen yang didapatkan dari diet rendah vitamin C. Kurangnya kolagen membuat dinding sel rusak, pendarahan terjadi pada tubuh, bintik luka memar, dan kehilangan gigi.

Lemon mencegah penyakit kudis berkat konsentrasi akbar vitamin C yg ditemukan pada buah. Asam askorbat, nama lain menurut vitamin C, dari dari bahasa Latin yang berarti ?Tanpa kudis?.

Astringent

Menurut Julia F. Morton dari Universitas Purdue pada Italia, lemon dipakai buat mengobati syarat dengan gejala inflamasi, seperti gingivitis, stomatitis, dan peradangan pengecap. Astringents seperti lemon pula digunakan pada kulit untuk mengurangi pembengkakan dan menghilangkan iritasi. Pengobatan sendiri menggunakan lemon buat penyakit serius ini nir dianjurkan kecuali di bawah arahan dokter.

Pencegahan Arthritis

Lemon adalah penyedia besar manfaat antioksidan tinggi vitamin C. Iowa State University menyatakan bahwa vitamin ini merupakan antioksidan yang paling umum dan mampu menetralkan radikal bebas yang tentu saja melalui tubuh. Radikal bebas berkontribusi terhadap penuaan dan penyakit, dan juga terkait dengan peradangan jaringan.

Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Selain jeruk nipis, lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang paling serng digunakan untuk bahan perawatan kecantikan. Mulai dari perawatan kulit wajah hingga rambut. Berikut referensi mengenai manfaat buah lemon untuk perawatan kecantikan dalam kehidupan sehari-hari:

Digunakan sebagai obat penghilang jerawat

Sari atau perasan air lemon mengandung antibacterial berfungsi mengatasi bakteri penyebab jerawat. Biasanya sari atau perasan air lemon dicampur dengan beberapa tetes madu. Hal ini sering digunakan karena khasiatnya sudah terbukti. Selain itu, perpaduan dua bahana lami berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat yang biasanya akan meninggalkan noda hitam di wajah.

Sebagai pemutih gigi yg menguning

Kandungan kalsium yang terdapat pada sari atau perasan air lemon biasa digunakan sebagai cairan pemutih gigi. Caranya campurkan sari atau perasan jeruk lemon dengan sedikit backing soda. Oleskan pada gigi yang nampak menguning, biarkan selama kurang lebih satu menit. Kemudian sikat dengan sikat gigi dan basuh menggunakan air bersih. Jangan lakukan hal ini terlalu sering. Asam dalam sari atau perasan lemon bias merusak email gigi kita.

Melembapkan bibir yang kering

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah lemon bias mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir. Sel-sel kulit mati itulah yang sebenarnya membuat bibir terlihat kering. Cara penggunaan dengan mengoleskan irisan lemon segar pada bibir secara perlahan. Diamkan beberapa detik lalu basuh dengan air bersih. Lakukan hal ini secara teratur. Lihat juga artikel cara melembabkan bibir untuk pengetahuan lebih dalam.

Pengganti sabun cuci muka (facial foam)

Kita sering menggunakan sabun cuci muka (facial foam) untuk membersihkan wajah kita dari kotoran. Tentu facial foam buatan pabrik banyak mengandung bahan-bahan kimia yang mungkin sangat berbahaya untuk kulit di sekitar wajah manusia. Sebenarnya ada cara alami yang bias Anda gunakan untuk membersihkan muka Anda. Buah lemon misalnya. Ganti cara lama Anda dengan cara ini. Cukup menggosokkan sari atau perasan air lemon pada wajah Anda. Sari lemon terbukti efektif mengangkat kotoran serta bakteri yang memenuhi wajah kita setelah seharian beraktifitas.

Mencerahkan kulit

Kandungan asam yang terdapat dalam sari atau perasan buah lemon bias menghilangkan noda hitam yang nampak pada wajah Anda. Asam yang terkandung dalam sari lemon juga terbukti mencerahkan wajah Anda serta membuat kulit wajah Anda nampak lebih segar. Namun jangan gunakan tips ini jika terdapat luka pada kulit wajah. Karena kandungan asam pada lemon bisa membunuh antibakteri yang sedang memperbaiki kulit yang terluka itu. Tentunya jika terkena luka, akan terasa sangat perih.

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Manfaat lain dari lemon sebagai bahan konsumsi sangat banyak. Selain sebagai zat yang efektif untuk membakar lemak, buah lemon juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lemon terbukti bias meningkatkan daya stamina manusia. Zat anti bakteri dan antioksidan juga berperan aktif di dalam tubuh. Buah lemon lebih efektif dikonsumsi dalam keadaan panas atau hangat. Panas bisa lebih cepat proses pengolahan zat-zat dalam tubuh. Berikut manfaat buah lemon yang diolah dalam keadaan panas atau hangat:

Dapat melancarkan proses pencernaan

Lemon hangat efektif mengangkat racun di dalam tubuh dan merangsang hati untuk lebih banyak mengeluarkan cairan empedu. Pada hal ini maka kotoran-kotoran yang terdapat di dalam usus besar segera didorong keluar.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Lemon dicampur madu dan air hangat mampu menyerap lebih banyak zat besi. Zat besi di dalam tubuh sangat berperan aktif pada fungsi kekebalan tubuh. Di dalam minuman lemon hangat juga mengandung saponin yang memiliki fungsi antimikroba. Biasakan minum ramuan lemon dan madu dengan air hangat setiap pagi.

Menyeimbangkan pH di pada tubuh

Lemon sebenarnya bersifat basa. Pada tubuh manusia cenderung memiliki sifat asam. Sehingga mengkonsumsi lemon hangat membuat pH asam di dalam tubuh berkurang. Stamina manusia akan bertambah jika pH di dalam tubuh dalam keadaan seimbang.

Membuat nafas segar

Lemon membuat nafas kita terasa segar. Aroma lemon terbukti mengangkut aroma tak sedap dalam mulut. Namun jangan sering berkumur menggunakan air lemon, selain menyegarkan mulut lemon juga bias merusak email gigi. Buah ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang mengalami masalah bau mulut.

Demikian pembahasan kita tentang manfaat tanaman lemon, semoga berguna. Kunjungi jua artikel Tanaman Obat lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *