Tanaman Hias Aglaonema

Tanaman Hias Aglaonema

Aglaonema, sri rejeki, atau chinese evergreen merupakan tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies. Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (Berkayu).Daun Menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.

Kini berbagai macam Aglaonema hibrida telah dikembangkan dengan penampilan tanaman yang sangat menarik dengan bermacam-macam warna, bentuk, dan ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alami. Aglaonema atau Sri Rejeki termasuk dalam jenis tanaman hias dengan perawatan mudah. Aglaonema dapat tumbuh baik dan ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman hias ini juga dapat beradaptasi sangat baik terhadap cahaya matahari. Aglaonema sendiri memiliki beberapa jenis atau varietas, berikut adalah jenis jenis aglaonema.

Jenis jenis Aglaonema

1. Aglaonema commutatum

Tanaman Hias Aglaonema commutatum

Aglaonema Commutatum

Jenis Aglaonema ini memiliki daun berbentuk seperti tombak, tetapi ada juga yang langsing atau gemuk. Tepi daun rata, ukuran daun umumnya adalah lebar 5-8 cm dan panjang 16-20 cm. Bentuk daunnya beraneka ragam tergantung pada varietasnya. Batang tanaman liat, sehingga sulit dipatahkan, duduk daun pada batang tidak beraturan.

Dari jenis Aglaonema commutatum kita kenal aneka macam varietas yang cukup popular sebagai berikut:

  • Aglaonema “Silver Queen”. Varietas ini memiliki daun warna dasar hijau dengan sirip-sirip berwarna perak keabu-abuan yang hampir memenuhi seluruh daun.
  • Aglaonema “Pseudo-bractetum” (“White Rajak”). Varietas ini mempunyai warna dasar daun hijau, tetapi sirip-siripnya berwarna kekuning-kuningan hampir memenuhi seluruh bagian daun sehingga seolah-olah seluruh daun barwarna dasar kuning. Demikian pula, warna tangkai daunnya berwarna kuning.
  • Aglaonema commutatum Treubi. Varietas in memiliki warna dasar daun hijau tua yang dihiasi sirip-sirip berwarna hijau muda kebiru-biruan bentuk daun ramping.
  • Aglaonema roebellini. Varietas ini memiliki warna daun hijau dengan sirip siripnya berwarna biru muda keperakan. Apabila dibandingkan dengan varietas lainnya, varietas ini memliki ukuran daun yang lebih besar.
  • Aglaonema “Malay Beauty” Varietas ini memiliki warna daun hijau tua dan dihiasi dengan sisip-sirip berwarna perak.
  • Aglaonema “Nitidum Curtisii”. Varietas ini memiliki warna daun hijau kebiruan dan dihiasi sirip-sirip berwarna perak. Sirip-sirip tersebut berbentuk kecil panjang seperti duri ikan sampai pada tepi daun.

Dua. Aglaonema costatum (Spotted Chinese Evergreen)

Jenis Aglaonema ini mempunyai warna daun hijau tua mengkilap & dihiasi tulang rusuk utama berwarna putih. Seluruh permukaan daun dihiasi menggunakan warna bintik-bintik putih. Jenis tumbuhan ini membentuk rumpun yg lebat. Bentuk daun seperti hati, berukuruan panjang 15 cm, lebar 7,5 centimeter. Ketinggian flora tidak lebih berdasarkan 25 centimeter.

Tanaman Hias Aglaonema costatum

Aglaonema Costatum

3. Aglaonema modestum (Chinese Evergreen)

Bentuk daunnya pendek dan lebar Aglaonema ini memiliki daun hampir seluruhnya berwarna hijau dan dilapisi lilin. Sehingga terlihat mengkilap sedangkan bentuk dau dalam flora ini berbentuk agak bulat dan gemuk sedangkan bentuk tumbuhan ramping.

Tanaman Hias Aglaonema modestum

4. Aglaonema "Pride Sumatradanquot;

Jenis Aglaonema ini mempunyai warna daun merah yang cantik dominan dari hijau.

Tanaman Hias Aglaonema Pride Sumatra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *