Daun Anyang-anyang Obat Biang Keringat

Daun Anyang Anyang Obat Biang Keringat

Tanaman Obat Anyang-Anyang

Anyang-anyang dapat ditemukan di hutan terutama pada pinggir air (loka basah), pada ketinggian di bawah 500 m dpl. Tanaman ini merupakan pohon yang sempurna buat taman hias karena perawatan yang dibutuhkan hanya sedikit, & bisa bertahan pada syarat tanah kering yg rendah nutrisi. Namun flora ini tumbuh dengan baik apabila cukup disirami. Tanaman ini jua bisa tumbuh menggunakan intensitas cahaya teduh hingga terang (sinar surya kuat). Di Indonesia, flora ini tersebar mulai berdasarkan Sumatera, Jawa, Bali, & Kalimantan. Sedangkan pada Asia jua terdapat pada Myanmar, Indo-China, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Daun, buah, dan kulit batang anyang-anyang mengandung saponin dan flavonoida. Daun dan kulit batang jua mengandung polifenol. Daun dan butir mengandung tanin. Daun pula mengandung geraniin, dan 3, 4, lima-trimethoxy geraniin. Tanaman ini diduga poly mengandung minyak terbang, zat samak, & saponin. Beberapa tumbuhan kelompok Elaeocarpus diketahui mengandung senyawa alkaloid seperti alkaloid indolizidine dalam Elaeocarpus grandis, & alkaloid pyrrolidine pada Elaeocarpus habbemensis. Namun dalam jenis tumbuhan ini, belum masih ada studi khusus tentang zat alkaloid yang terkandung. Berdasarkan studi ilmiah yang pernah dilakukan, ekstrak metanol tanaman anyang-anyang memiliki kegiatan antifungi terhadap Pythium ultimum, yaitu fungi yg patogen terhadap tanaman . Nama IIlmiah:

(Elaeocarpus grandiflorus J.E. Smith)

Nama Daerah:

Rejasa, Ki Ambit, Maitan, Kemaitan, Raja sor.

Daun anyang-anyang bisa digunakan baik pada bayi ataupun pada orang dewasa.

Biang Keringat adalah ruam kulit yg disebabkan tersumbatnya kelenjar-kelenjar peluh pada dada, ketiak, lilitan pinggang, lipatan paha, dan punggung.

Gejala biang keringat adalah dengan timbulnya bintik-bintik putih atau merah dalam kulit yang menyebabkan rasa gatal, terutama pada dada, di leher, dan di punggung yang tertutup sandang.

Cara Mencegah Timbulnya Biang Keringat

* apabila terjadi pada bayi, mandikan bayi menggunakan teratur, 1 atau 2 kali setiap hari.

* Gunakan pakaian yg longgar dan gampang menyerap keringat, seperti katun.

* Perbaiki peredaran udara dalam ruangan.

Cara Mengobati Biang Keringat

Berikut ini beberapa cara lain buat mengatasi biang keringat

Bahan:

– Daun Anyang-anyang (secukupnya)

Pemakaian:

Tumbuk daun anyang-anyang sampai halus, kemudoan peras hingga keluar getahnya. Oleskan getah tersebut pada bagian yg terkena biang keringat.

Selain dengan obat tradisional biang keringat diatas, anda jua sanggup menggunakan Bedak Salicyl yg dicampur menggunakan air (seperti bedak dingin).

Semoga Tips Mengatasi Biang Keringat Diatas mampu berguna bagi anda maupun bayi anda yang mengalami biang keringat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *