Tanaman Hias Azalea

Azalea – Azalea adalah jenis tanaman berbunga dari keluarga Ericaceae dan genus Rhododendron yang tumbuh di wilayah beriklim sedang. Azalea tumbuh di sebagian besar Asia Timur dan Amerika Utara. Bunganya berkembang pada awal musim panas di bulan Juni dan pada musim gugur menggugurkan dedaunannya, terutama pada spesies Amerika. Spesies Azalea Asia memiliki daun yang hijau sepanjang tahun. Azalea dikembangkan sebagai tanaman hias yang populer. Pada habitat liar, ia biasa tumbuh di hutan dan wilayah berawa. Warna bunganya bervariasi dari merah, kuning, putih, pink, dan ungu. Di Amerika Utara sendiri terdapat lebih dari 50 jenis spesies azalea. Akar azalea dangkal dan hidup paling baik pada tanah asam yang subur di tempat yang agak teduh. Pada stamen azalea yang panjang terdapat kelopak bunga yang mengandung serbuk sari.

Ada 2 jenis azalea yg dikenal sebagai tumbuhan hias pot yaitu Indian Azalea (Rhododendron simsii) dan Japanese Azalea (Rhododendron obtusum), keduanya merupakan tipe kerdil yang tumbuh hingga ketinggian 1-1,5 kaki. Indian Azalea biasa digunakan buat hiasan waktu natal & tahun baru, supaya diperoleh flora yang tahan lama pilihlah flora yang sedikit bunga mekar dan lebih poly yg kuncup.

Azalea : Nama Tanaman

Bunga Azalea yang mengembang bisa gugur pada 1 minggu. Untuk menjaga tanaman tetap berbunga media wajib senantiasa dalam kondisi basah (nir hanya lembab), udara sejuk, cahaya terperinci dan bunga yang mati wajib segera dibuang.

Informasi Umum Tanaman Hias Bunga Azalea

  • Rhododendron simsii = Indian Azalea, warna bunga yang populer adalah merah muda sedang yang lain adalah putih, merah dan ungu. Ada juga yang tipe bunga dua warna yaitu putih dengan tepi merah muda (Inga), merah muda dengan tepi putih (Osta), keduanya memiliki petal yang berkerut.
  • Bunga Azalea Jepang ukurannya lebih kecil daripada Azalea Indian, tapi jenis ini cocok untuk ditanam di luar ruangan.

Tips Perawatan Tanaman Hias Bunga Azalea

  1. Suhu sejuk, 50 F
  2. Cahaya penuh, matahari tidak langsung
  3. Pengairan: jaga kondisi tetap basah
  4. Penggantian media : 1 tahun sekali
  5. Setelah berbunga pindah ketempat yang sejuk dan ternaungi, beri pupuk dan jaga pengairan. Pindah ke tempat yang lebih hangat saat berbunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *