Tanaman Asparagus

Asparagus – Dua jenis asparagus paku yang populer  (Asparagus plumosus dan A. densiflorus sprengeri) memiliki daun yang berbulu. Daun ini sering digunakan untuk rangkaian bunga-bunga. Bentuknya seperti kelompok paku-pakuan dan “daunnya” mirip jarum.

Asparagus paku mudah sekali tumbuh, lebih mudah berdasarkan jenis paku-pakuan lantaran mampu beradaptasi dengan cahaya, panas & air. Tidak tergantung dalam kelembaban udara & mudah diperbanyak.Untuk menerima hasil yang maksimal , batang yang melengkung atau yang tumbuh lurus tidak boleh terhalangi sang tumbuhan lain.

Asparagus : Nama Tanaman

Yang berdaun homogen misalnya telapak A. Asparagoides = Smilax, sulit tumbuh didalam ruangan dibanding dengan yang, lain akan tetapi sering digunakan buat flora gantung.

Informasi Umum Tanaman Asparagus

  1. Asparagus plumosus, bentuk seperti paku-pakuan, cabang saat muda menjalar dan saat tua menjadi menjurai, buah kadang-kadang muncul.
  2. Asparagus plumosus nanus, merupakan tipe paling kecil.
  3. Asparagus densiflorus sprengeri = Emerald Fern, mempunyai batang pemanjat dengan daun hijau muda, buah berwarna merah.
  4. Asparagus meyeri = Plume Asparagus, batang keras dan tegak, tertutup dengan jarum-jarum yang padat, tanaman mirip bentuk sikat botol yang berwarna hijau.
  5. Asparagus falcatus, daun berbentuk sabit yang lebar, tingginya sekitar satu meter dengan batang berduri
  6. Asparagus asparagoides  = smilax, tanaman vigor dengan batang pemanjat yang bisa mencapai 1,5 m lebih. Biasa digunakan untuk bunga potong, batang yang segar dapat bertahan lama setelah dipetik.

Tips Budidaya Tanaman Asparagus

  1. Suhu rata-rata hangat, minimal 60 F
  2. Cahaya penuh, setengah terlindung , bukan matahari langsung
  3. Pengairan: jaga kondisi tetap lembab
  4. Penggantian media : 1 tahun sekali
  5. Perbanyakan tanaman dengan pemisahan tanaman atau dengan biji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *